-->

sosmed footer

Recent Comments

apa itu islam [Religion]

sumber : Jalan Damai
[caretet.com] Agama Islam merupakan ajaran dari Nabi Muhammad Salallahu Allaihi Wasalam dan Beliau mensyiarkan agama Islam kurang lebih pada tahun 610 M (13 tahun sebelum hijriah). Allah Subhanahu Wata’ala menurunkan Al-qur’an sebagai kitap suci umat islam yang mana nantinya adalah sebagai pedoman hidup umat islam. Tentu seperti Ikhwan dan Ahkwat ketahui bagi orang-orang yang memeluk agama islam merupakan suatu kenikmatan yang amat besar karena Islam merupakan agama yang diridhai disisi allah.

Dalam surat Ali Imbran ayat 19
Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:

Sesungguhnya agama yang diredhoi disisi Allah hanyalah Islam” (Qs. Ali Imran : 19)
            Pada ayat ini menegaskan bahwasanya agama yang paling diridhoi oleh Allah Subhanahu Wata’ala dan hal ini berlaku bagi kita manusia yang hidup di akhir zaman ini. Selain itu Allah Subhanahu Wata’ala juga berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 3:

“Pada hari ini telah ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah ku cukupkan kepadamu nikmatku, dan telah ku ridhai islam sebagai agama bagimu” (Qs. Al Maidah : 3)

Baca Juga:

            Pada ayat ini dapat kita pahami bahwasanya Islam merupakan agama yang telah disempurnakan oleh Allah Subhanahu Wata’ala dan beruntunglah bagi kita yang telah memeluk agama Islam dan mengamalkan ajaran agamanya. Dan merugilah bagi mereka yang beragama Islam tetapi belum mengamalkan syariatnya apa lagi bagi orang-orang yang belum memeluk agama Islam. Dan pada saat sekarang ini masih banyak sekali orang yang masih mencari-cari agama yang patut mereka anut padahal Allah sudah memberikakan agama yang terbaik untuk umat manusia, dan hal ini juga dijelaskan dalam Firman Allah Subhanahu Wata’ala surat Ali-Imran ayat 85:

Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain Agama Allah, padahal apa yang dilangit dan dibumi berserah diri kepada Nya, baik dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepadanya mereka dikembalikan”
Sumber Gambar: Gedubar

            Sungguh beruntung bagi kita sebagai seorang muslim dan muslimah dengan nikmat yang diberikan  Allah yang tak terhingga, tiada kebahagian di dunia dan akhirat kecuali ketika seseorang hamba yang memeluk agama Islam. Maka dari itu wajiblah bagi kita seorang muslim dan muslimah untuk mengamalkan ajaran dalam agama Islam dan meninggalkan segala larangannya.

Lalu bagaimana dengan pengertian Islam?

            Menurut Syaikh Muhammad At Tamimi didalam Kitap Al Ushulus Tsalah, Islam adalah “berserah diri kepada Allah dengan melaksanakan ketaatan kepadanya dan berlepas diri dari perbuatan syirik  dan para pelakunya.”

            Dari pengertian yang dipaparan oleh Syaih Muhammad At Tamimi ini dapat kita simpulkan bahwasanya seseorang dapat kita katakan sebagai orang yang memeluk agama islam adalah seseorang yang melasanakan perintah Allah Subhanahu Wata’ala dan meninggalkan seluruh larangan-Nya serta selalu berserah diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Jadi bagi Ikhwan dan Akhwat yang masih belum mengerjaan atau masih bolong-bolong Ibadah Sholatnya itu artinya Ikhwan dan Akhwat belum bisa dikatakan sebagai orang Islam. Tetapi itu hanyalah sebuah pengertian dan semuanya tentu kita kembalikan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, karena hanya Beliau lah yang dapat menilainya.    

Referensi :

Hasmi. “mengenal islam”. Diakses 20 juli 2017
Islamku. “pengertian islam, dan apa itu islam”. Diakses 20 juli 2017
BERIKAN KOMENTAR ()