-->

sosmed footer

Recent Comments

Persamaan-persamaan bahasa minang dengan bahasa indonesia yang cukup komplek yang patut kamu ketahui

[caretet] nah pada kesempatan yang berbahagia ini bagi teman-teman yang ini belajar bahasa Minangkabau silahkan saja buka artike-artikel yang ada di caretet.com nanti bakal penulis kenalin lagi beberapa bahasa-bahasa Minangkabau yang patut kamu ketahui untuk kamu gunakan di kehidupan sehari-hari.

Sekarang kita mulai aja dari beberapa kosa kata yang gampang untuk di ingat agar nantinya dalam kehidupan sehari-hari dapat di implementasikan atau dikerjakan, sekalian nih ya mana tau nantinya bahasa Minangkabau bisa dijadikan Bahasa Dunia. Hahahahha

Kita mulai aja dengan yang simpel :
Aku : aden
Kamu : wa’ang
Namun perlu di ingat dalam bahasa Minangkabau sangat jarang sekali mereka menggunaan dua bahasa ini, karena masyarakat Minangkabau menilai, ini merupakan bahasa yang agak kasar pebawaannnya. Jadi biasanya masyarakat Minangkabau akan memanggil seseorang dengan sebutan nama atau gelar dari pemangku adatnya.

Baca Juga :

Kesini : kasiko
Pergi : pai
Tidur : lalok
bangun : jago
nanti : beko
ingat : ingek
lupa : lupo
ngapain : manga
itu : tun
sudah : alah
kenyang : kanyang
itulah beberapa kosa kata sehari-hari yang patut untung pembaca fahami, nah selanjutnya kita akan mengenal anggota tubuh kita :
mata : mato
rambut : abuak
dahi : kaniang
telinga : talingo
hidung : iduang
mulut : muncuang
dagu : daguak
leher : lihia
dada : dado
perut : paruik
punggung : pungguang

Baca Juga :

Nah itu lah beberapa kata yang patut untuk kita ketahui bersama-sama, karena anggota tubuh lainnya sama saja antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Minangkabau. Namun apabila pembaca masih ingin mengetahui beberapa kosa kata lagi maka peulis akan mengajarkannya. Next kita bahas mengenai nama-nama binatang dan tumbuh-tumbuhan

Kucing : kuciang
Burung : buruang
Kambing : kambiang
Kupu-kupu : ramo-ramo
Semut : samuik
Jeruk : limau
Cabe : lado
Beras : bareh
Belimbing : balimbiang
Nenas : naneh
Nah itu lah beberapa kosa kata yang patut untuk kita  ketahui, dan mungkin penulis tidak bisa sampaikan seluruhnya pada artikel yang singkat ini. Dan apabila dari pembaca mau memahami mengenai bahasa Minangkabau silahkan meninggalkan pesan di komentar atau bisa juga menghubungi penulis di kontak yang sudah penulis sediakan. Thanks for waching...!
    29 juli 2017
BERIKAN KOMENTAR ()