-->

sosmed footer

Recent Comments

Taman Tirtasari merupakan destinasi wisata yang sedang ramai di incar oleh pengunjung [Wisata]

http://scontent.cdninstagram.com/t51.2885-15/e35/c80.0.480.480/14240504_1021966067920718_1966505549_n.jpg?ig_cache_key=MTM0MTAzMDE2NjU4NzI3NzUyNA%3D%3D.2.c
sumber : cdninstagram

Taman Tirtasari merupakan  wisata alam yang terletak di Kab. Agam. Tepatnya di kecamatan Tilatang Kamang, Kenagarian Koto tangah, Jorong Sonsang. Lokasi wisata Taman tirtasari ini dibuka pada penghujung tahun 2015 lalu, yang mana pembukaan lokasi wisata ini atas inisiatif pemuda-pemuda yang ada di jorong sonsang.
               
Pembukaan destinasi wisata ini juga memiliki proses yang tidak mudah, mulai dari pengurusan tanah-tanah masyarakat yang terpakai untuk lokasi wisata, sampai dengan izin Niniak mamak yang ketika itu tidak setuju dengan pembukaan tempat wisata di jorong sonsang karena mempertimbangkan beberapa hal.
Dahulu pada tahun 70an Taman Tirtasari memang sudah menjadi tempat wisata, tetapi setelah beberapa tahun, lokasi wisata itu tidak terurus lagi. Dan kembali dibuka tahun 2015 dan pada tahun 2016 resmi dibuka untuk publik.

Pada tahun 2016 itu juga diadakan event festifal berskala Internasional dan skaligus juga digelar lomba Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ) yang waktu itu di ikuti oleh 946 peserta yang diantaraNya : MSQ di ikuti 250 orang, sepeda santai di ikuti 215 orang, jalan santai 420 orang serta trail raning yang di ikuti oleh 61 peserta. Selain itu juga di adakan event pacu rakik yang pesertanya merupakan orang-orang yang tinggal di sekitar Jorong Sonsang. [1]
Sumber: Indonesia Gemilang
Event-Event ini ditujukan untuk memperkenalkan taman tirtasari ke mata dunia. Dan pada saat itu ada sekitar 2500 pengunjung yang hadir menyaksikan event tersebut.
Setelah Event tersebut juga di adakan event mancing basamo yang waktu itu di ikuti oleh sekita 1000 orang pemancing dari berbagai daerah. Dan melalui dana dari event tersebut lah pemuda pemudi Jorong Sonsang dapat mengembang tempat wisata Taman Tirtasari yang pada saat itu di Investasikan ke pembelian 2 buah sepeda air. dan sekarang wahana yang sudah tersedia di taman tirtasari 3 sepeda air dan 6 bola air. ditambah lagi nanti kabarnya akan dibuka wahana Flaying fox agar Taman tirtasari menjadi destinasi wisata yang paling di gemari pengunjung.  
Karena kebetulan penulis merupakan anak nagari di Jorong Sonsang, maka dari itu sedikit banyaknya penulis tau banyak mengenai daerah tersebut, dan karena itu juga alasan penulis tidak mencantumkan banyak referensi.
Sumber Gambar: Klik tulisan
Bagi pengunjung yang berminat berkunjung ke destinasi wisata ini tentu sangat penulis apresiasi sekali. Dari sana pengunjung akan melihat ke kompakan pemuda dan pemudi Jorong Sonsang dalam mengelola Taman Tirtasari, dan semoga saja kita bisa bertemu disana. Dan ketika penulis sedang tidak ada kegiatan kemungkinan besar penulis juga akan berada di daerah wisata tersebut untuk membantu pemuda-pemudi disana. Tetapi berhubung penulis sekarang sedang sibuk dalam penelitian untuk urusan perkuliahan, kemungkinan penulis berada disana hanya pada hari saptu dan hari minggu.

Referensi :
1.       Harian Haluan. “Perkenalan Agam melalui festifal Internasional Sonsang”. Diakses 17 juli 2017
Update 19 juli 2017


BERIKAN KOMENTAR ()