-->

sosmed footer

Recent Comments

Apa itu Sulaman dan Apa saja yang dibutuhkan saat menyulam | UMKM

Sulaman Tangan
[caretet] Sulaman adalah karya seni yang dibuat dengan menggunakan kombinasi benang dan kain yang disertakan dengan perancangan ide-ide baru agar menciptakan sebuat karya seni yang mememiliki keindahan yang sangat mengagumkan saat dilihat.

Dengan memadukan kombinasi warna benang dan kain yang baik akan menciptakan sebuah karya seni yang tentunya akan menarik bagi orang-orang yang melihatnya. Dan biasanya dalam pembuatan sulaman ini dibutuhkan keterampilan yang baik agar menciptakan kualitas sulaman yang sangat baik.

Baca Juga:

Selain menggunakan benang dan kain. Menyulam juga bisa menggunakan bahan pendukung seperti logam mulia, manik-maik, mutiara, deamon dan lain-lain sebagainya. Dengan menggunakan bahan pendukung ini tentulah nantinya akan menambah nilai dari sulaman tersebut. selain bentuknya menjadi lebih bagus, harganya pun juga akan meningkat sesuai dengan bahan yang ditambahkan.
Berikut ini adalah apa-apa saja yang dibutuhkan  saat menyulam :

1. Kita siapkan terlebih dahulu peralatan sulam (seperti : gunting, kain, benang, dan bahan-bahan pendukung lainnya.

2. Membuat desain yang unik dan tentunya juga harus menarik (sebaiknya orang yang mendisain adalah orang yang sudah ahli dibidang desain ini agar nantinya mendapatkan hasil yang bagus)

3. Selanjutnya kita membentuk Sulaman sesuai dengan desain yang telah kita buat tadi.

Dalam menyulam dibutuhkan keahlian khusus agar menciptakan suatu karya yang berkualitas. Dan dalam menyulam juga dibutuhkan kesabaran, apalagi menyulam dengan metode manual atau tradisional. Dengan metode manual akan membutuhkan ketelitian lebih lagi ketimbang dengan menggunakan mesin.
Sumber Gambar: Gomuslim
Sulaman yang mahal harganya adalah sulaman yang dibuat secara tradisional akan tetapi tergantung dari kualitas sulaman yang dihasilkan. Sangat jauh berbeda dengan sulaman dengan menggunakan mesin.

Sulaman sendiri juga terdiri dari berbagai jenis dan juga teknik-teknik tersendiri dalam pembuatnya, namun pada kesempatan kali ini penulis tidak akan memaparkan mengenai jenis dan teknik-teknik dalam penyulaman.

Sumber :
Toriolo. “Ragam jenis sulaman serta Teknik-teknik Tusukan  Dasar untuk Pemula”. Diakses 8 agustus 2017
Gadiskecilcintaekstrim. “Proses Pembuatan Sulaman atau Bordiran”. Diakses 8 Agustus 2017
Wikipedia. “Bordir”. Diakses 8 Agustus 2017
BERIKAN KOMENTAR ()