-->

sosmed footer

Recent Comments

Ikan Sapu-Sapu dan manfaat dari ikan yang berkulit keras ini || agustus 2017

[caretet] Ikan Sapu-Sapu sangat banyak sekali kita temui di perairan air tawar. Ikan yang memiliki nama laten Pterygoplichthys (sapu-sapu dewasa) ini mampu hidup dimana saja, baik itu di dalam lumpur maupun limbah beracun. Namun belakangan ini sebelum diketahui manfaat dari ikan ini masyarakat sering membuang ikan ini ke tengah jalan.

Namun dengan berjalannya waktu masyarakat sekarang ini mulai mengetahui beberapa manfaat yang baik dari ikan sapu-sapu. Ikan sapu-sapu merupakan ikan yang berasal dari Amerika tro yang termasuk kedalam famili Loricariidae. Namun dalam hal ini tidak semua dari Loricariidae yang dapat dikataan sebagai Ikan Sapu-Sapu.

Baca Juga :
Ikan ini dikenal sebagai ikan yang menyukai kebersihan, oleh karena itu lah masyarakat sering menyebut ikan ini dengan sebutan ikan sapu-sapu. Dan makanan untuk Ikan yang satu ini adalah jenis ikan yang pemakan alga/lumut-lumut dan juga sari-sari yang terkandung didalam lumpur.

Ikan sapu-sapu dapat tumbuh hingga sepanjang 30 cm namun dalam hal ini, ikan sapu-sapu ini kurang produktif jika sudah memiliki tubuh yang besar. Tidak seperti halnya yang berukuran kecil dan sedang. Biasanya ikan sapu-sapu ini dimanfaatkan masyarakat sebagai pembersih akuarium, hal itu dikarenakan sifat ikan ini yang suka bersih-bersih. 

Belakangan ini masyarakat dikejutkan dengan adanya ikan sapu-sapu yang dijadikan sebagai bahan baku pembuatan Somay. Padahal seperti yang kita ketahui bahwasanya dalam sebuah penelitian kesehatan bahwasanya ikan sapu-sapu ini ternyata mengandung Timbal. yang mana zat Timbal ini sangat berbahaya jika termakan oleh manusia. Kemungkinan besar dalam penelitian ini, ikan sapu-sapu yang diteliti adalah ikan sapu-sapu liar yang hidup diperairan yang memiliki limbah berbahaya, akibatnya ikan ini mengandung Timbal.

Baca Juga Artikel Lainnya:



Namun penulis juga tidak bisa memberikan hipotesis yang pasti mengenai hal ini, dan ini hanyalah praduga. Jadi intinya sebaiknya demi keamanan lebih baik dihindari mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan baku Ikan sapu-sapu ini, sebelum info resmi dari Dinas Kesehatan bahwasanya ikan sapu-sapu dapat dijadikan sebagai bahan baku makanan.

Berikut ini beberapa manfaat ikan sapu-sapu yang penulis ambil dari beberapa artikel yaitu membersihkan kaca akuarium, sebagai ikan hias, sebagai bahan baku makanan, menurunkan kolesterol, menghilangkan stress,menambah stamina dan masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapatkan.

Sumber :
Wikipedia. “sapu-sapu”. Diakses 1 agustus 2017
Kasiat. “30 manfaat dan khasiat ikan sapu-sapu untuk kesehatan”. Diakses  1 agustus 2017
Vebma. “Diremehkan, Ikan sapu-sapu memiliki manfaat lain dan jenis lainnya yang membuat anda takjub”. Diakses 1 agustus 2017
BERIKAN KOMENTAR ()