-->

sosmed footer

Recent Comments

5 Manfaat Penting Tidur Menghadap Arah Kanan


Bagi umat yang beraga Islam, Nabi Muhammad SAW sudah menyuruh kita untuk tidur menghadap ke arah kanan. Tentu seluruh perintah yang beliau berikan memang memberikan manfaat yang sangat baik untuk diri kita.

Contoh saja hal sepele seperti tidur, mungkin masih banyak orang yang hobinya tidur telentang, tengurap dan menghadap ke kiri namun mereka belum mengetahui seperti apa manfaat jika tidur menghadap ke arah kanan.

Mungkin setelah membaca artikel ini mereka akan merubah gaya tidurnya mereka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur menghadap kesebelah kanan yang patut kita ketahui:

1. Menjaga Saluran Pernafasan
Kenapa tidur menghadap kesebelah kanan dapat menjaga saluran pernafasan? Jawabannya adalah untuk mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang tentunya dapat mengganggu pernafasan. Biasanya jatuhnya lidah kepangkal ini terjadi ketika seseorang tidur dengan cara telentang dan hal ini tentunya dapat menggangu saluran pernafasan.

Bahkan dalam beberapa kasus tidur telentang menyebabkan seseorang berhenti bernafas beberapa detik yang menyebabkan orang tersebut terbangun dari tidurnya. Selain itu tidur telentang merupakan salah satu penyebab seseorang mendengkur ketika tidur.

Akibat dari permasalah di atas biasanya ketika seseorang itu bangun dari tidurnya mereka akan merasakan pusing. Ini terjadi karena kurangnya cakupan oksigen yang masuk kedalam otak.

2. Mengurangi Beban Jantung
Untuk memaksimalkan kualitas tidur, tentu kita harus merasa nyaman ketika tidur. Bahkan organ-organ dalam tubuhpun juga harus merasakan hal yang sama agar tidur kualitas tidur kita menjadi sangat baik.

Tidur dengan menghadap kesebelah kanan menyebabkan cairan di dalam tubuh terutama darah dapat terdistribusi secara merata dan berfokus ke sebelah kanan. Hal ini tentu menyebabkan beban dari pemompaan darah yang keluar dan masuk menjadi lebih rendah.

Dampak dari hal tersebut menyebabkan denyut jantung lebih lambat serta tekanan darah juga akan turun, sehingga jantung kita pun juga dapat beristirahat dan tidak harus selalu memompa darah secara cepat.

Selain itu tidur kesebelah kanan juga mencegah jantung tertimpa oleh organ-organ lain. Seperti kita ketahui bahwasanya jantung itu berada agak condong kesebelah kiri. Alhasil jika kita tidur menghadap sebelah kiri tentu posisi jantung akan berada disebelah kebawah dan juga akan dihimpit oleh paru-paru kanan. Sebenarnya masih banyak alasan lain tapi karena banyak penulis tidak dapat memaparkannya secara terperinci.

3. Mengistirahatkan Otak Kiri
Otak terbagi atas dua bagian, yaitunya otak kiri dan otak kanan. Fungsinya yaitu mempersarafi seluruh organ didalam tubuh. Dimana otak kiri mempersarafi bagian tubuh yang kiri sedangkan otak kanan mempersarafi tubuh bagian kanan.

Pada umumnya manusia lebih banyak beraktifitas menggunakan bagian tubuh sebelah kanan jika dibandingkan bagian tubuh sebelah kiri. Hal ini mengakibatkan otak kanan lebih banyak bekerja jika dibandingkan dengan otak kiri.

Jika kita tidur menghadap kesebelah kanan, otak kiri akan mempersarafi segala aktifitas bagian organ tubuh. Sehingga bagian kanan dari organ tubuh dapat terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat ketika tidur dan diam.

Bahaya tersebut diantaranya adalah pengendapan pembekuan darah, asam sisa oksidasi, lemak dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah.

4. Mengistirahatkan Lambung
Jika kita mereview lagi pelajaran IPA waktu SD lambung itu berada disebelah kiri, dan fungsi lambung adalah mengcerna setiap makanan yang masuk kedalamnya. Setelah itu menyalurkannya ke usus.

Sedangkan katup bagian bawah lambung tersebut menghadap kesebelah kanan bawah. Jika dibayangkan seseorang tidur menghadap kesebelah kiri tentu hal ini akan memperlambat proses pengeluaran makanan yang telah dicerna oleh lambung yang bercampur dengan asam lambung, atau dalam istilah science disebut dengan chime.

Jika hal tersebut terjadi tentu hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung, dan hal ini lah salah satu penyebab penyakit magh. Karena ketika meningkatnya jumlah asam lambung di dalam lambung menyebabkan terjadinya erosi pada dinding-dinding lambung.

Selain itu posisi ini juga dapat menyebabkan cairan yang ada di dalam usus yang bersifat basa masuk kembali kedalam lambung dan hal ini tentu akan mempercepat terjadinya erosi dinding lambung.

5. Menjaga Paru-Paru
Tidur menghadap ke kiri selain berdampak buruk pada jantung, hal ini juga berdampak buruk pada paru-paru. Hal ini karena ukuran dari paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. 

Sehingga jika kita tidur menghadap kiri paru-paru yang sebelah kiri akan dihimpit oleh paru-paru sebelah kanan yang berukuran lebih besar. Coba bayangkan jika ada anak yang berbadan kurus di himpit oleh anak yang berbadan sedang ataupun besar bagaimana rasanya. Sebalinya jika tidur kesebelah kanan maka tidak akan jadi masalah jika paru-paru kiri menghimpit paru-paru kanan yang berukuran lebih besar.

Nah sekian dulu pembahasan tentang artikel manfaat penting tidur menghadap arah kanan, semoga bermanfaat. Walaupun masih banyak manfaat lainnya, mungkin di kesempatan lain akan kita bahas kembali. Thanks and Regard.


Sumber : higrizzly
Sumber Gambar : Ark21
BERIKAN KOMENTAR ()