-->

sosmed footer

Recent Comments

Berikut ini adalah keberagaman dalam Bahasa Minangkabau yang patut kita ketahui

[caretet] Berikut ini penulis akan memaparkan beberapa penggalan kata yang patut untuk difahami yang biasa digunakan dalam kehidupan masyarakat Minangkabau dan juga kosa kata dalam bahasa Minangkabau juga memiliki banyak keberagaman.
Untuk kejadian yang sudah terjadi maka dalam kosa kata Bahasa Minangkabau ada beberapa kata yaitu tadi, sabanta ko, cako, kunang ko, saisuak, taisuak dan masih banyak kosa kata lain yang bisa digunakan namun pada kesempatan ini tidak bisa penulis paparkan semuanya karena kita memiliki banyak pembahasan, dan begitu juga nantinya untuk kosa kata untuk bahasa yang lainnya.

Baca Juga :
 
Selanjutnya untuk kejadian yang akan terjadi dalam Bahasa Minangkabau yaitu nanti, ntar, beko, sabanta lai, kudu, cah lai dan lain-lain. Untuk beberapa kata lain dalam Bahasa Indonesia seperti yang berikut ini ;
Cinta : cinto, sayang
Bagaimana : ba’a, ba’po
Tidak ada : ndak ado, ndak ah
Ibu : amak, mandeh, bundo
Bapak : apak, ayah
Nenek :biayai, amai, anduang
Kakek : inyiak, antan, angku
Panggilan kakak laki-laki : uda, abang
Panggilan kakak perempuan : uni, akak
Kelapa : karambia
Untuk seseorang yang akan main maka akan disebut malala, main-main, meleboy, melehong dan banyak lagi yang lainnya apalagi ditambah lagi banyak sekali bahasa-bahasa alai yang digunakan pada saat sekarang ini pada masyarakat Indonesia, jika digunakan kedalam Bahasa Minangkabau dan dalam penyampaiannya dalam Bahasa Minangkabau tentu akan terdengar aneh. Namun tentu penuis tidak akan menyampaikn disini karena ini hanyalah sebuah tulisan, dan penulis mencoba menjelaskan beberapa kosa kata patu untuk diketahui secara bersama.

Baca Juga :

Mungkin masih banyak lagi bahasa-bahasa yang akan penulis ajarkan lagi kepada pembaca, akan tetapi berhubung penulis juga sudah capek mengetik dan berfikir secara keras untuk mencari artikel yang bermanfaat untuk pembaca maka pada kali ini kita akhiri dulu ya.
Nah sekian dulu artikel penulis pada kesempatan kali ini, jika ada tambahan lain apabila menurut pembaca ada yang kurang silahkan menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan atau juga bisa mengirim ke kontak yang sudah peulis sediakan.  
Update 29 juli 2017
BERIKAN KOMENTAR ()