-->

sosmed footer

Recent Comments

Tradisi Karamaik Jorong Sonsang Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam | Budaya

[caretet] Indonesia memiliki banyak sekali tradisi-tradisi yang sangat unik dan juga tradisi ini juga memiliki nilai spirual yang sangat tinggi. Selain itu tradisi-tradisi ini pun sudah dilakukan sejak zaman dahulunya.

Salah satu daerah di Provinsi Sumatera Barat yaitunya Jorong sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam memiliki tradisi yang positif yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Tradisi ini dinamakan dengan Kiramaik, Kiramaik atau dalam bahasa indonesia kita sebut dengan keramat merupakan sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat jorong sonsang ketika selesai melakukan panen padi.
Jorong Sonsang merupakan sebuah Jorong yang mayoritas masyarakatnya adalah petani, Setiap harinya mereka menghabiskan waktu kesawah untuk bertani. Dan juga selain bertani masyarakat Jorong Sonsang juga banyak yang berprofesi sebagai penjahit bordir dan pengrajin perhiasan perak.

Setiap musim panen selesai masyarakat Jorong Sonsang akan berkumpul melaksanakan syukuran atas limpahan rezki yang telah diberikan oleh Allah. Dan acara Syukuran itu lah yang sering disebut sebagai Kiramaik.

Semua orang sangat bersemangat ketika akan melaksanakan acara syukaran ini, mulai dari tua maupun muda mereka bersama-sama akan berkumpul di tempat yang telah ditentukan untuk melakasanakan syukuran.
Pesona Taman Tirtasari dari atas Bukik Bulek
Dan acara syukuran ini di awali dengan berdo’a secara bersama yang nantinya do’a tersebut akan dipimpin oleh ustad-ustad yang ada di Jorong tersebut. setelah berdo’a bersama selesai, setelah itu di ikuti dengan makan basamo (makan bersama).

Acara syukuran ini pun dilakukan mulai dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang, setelah selesai acara kiramaik masyarakat pun akan kembali ke rumah masing-masing dan melanjutkan aktifitas kesehariannya.

Mungkin masih banyak lagi tradisi-tradisi yang ada di setiap daerah-daerah di Negara Indonesia ini, jika pembaca berminat desa nya di promosikan juga silahkan hubungi kontak yang sudah kami sediakan. Kami disini berkomitmen untuk memberi fasilitas free untuk mereka yang ingin mempromosikan desanya.

Dan juga bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang ingin mempromosikan usahanya silahkan hubungi kontak kami dan kami akan berikan layanan free untuk semua UMKM yang ada di seluruh Indonesia.
Update 11 Agustus 2017 
BERIKAN KOMENTAR ()